Kategori

Rabu, 18 Januari 2023

SETENGAH HERAN

 

Resume Ke                    : 5

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Rabu, 18 Januari 2023

Tema                                : Blog sebagai Media Pembelajaran

Narasumber                  : Dail Ma’ruf, M. Pd

Moderator                      : Purbaniasita, S. Pd


Materi KBMN malam ini bertema blog sebagai media pembelajaran. Akhirnya selain karena alasan tugas resume pelatihan KBMN ini, saya bisa setidaknya lebih bersemangat untuk nantinya mengisi blog pribadi saya dengan konten-konten yang lain. Saya sudah mempunyai blog pribadi sejak 7 tahun yang lalu tetapi baru mulai sekarang saya mengisi blog pribadi tersebut, itupun tugas resume pelatihan ini, hehe... Dulu saya iseng saja membuat blog, atau lebih tepatnya mengikuti trend. Ada niatan menulis tetapi karena alasan klasik sibuk, malas, takut tulisan tidak menarik dan memang dasarnya saya tidak suka menulis. Jika sudah tidak suka maka beribu alasan akan digunakan untuk membenarkan diri. Mungkin juga karena saya belum tahu kegunaan blog secara luas sehingga sampai saat ini blog saya masih kering kerontang.

Sekarang saya setengah heran, ketika tantangan pelatihan menulis ini terasa  begitu berat bagi saya, nyatanya saya sampai saat ini masih lanjut walaupun dengan kewalahan dan terengah-engah mengikuti pola semangat peserta lain. Saya tidak bisa selalu tepat waktu mengikuti pelatihan ini sesuai sesi, tetapi yang membuat saya tertarik karena metode pelatihan ini dengan memakai media group whatsaap dimana peserta lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan upload tugas resume. Tetap saja, bagi saya butuh waktu khusus untuk belajar merangkai kata menjadi sebuah kalimat, merangkai kalimat demi kalimat menjadi paragraf disela kesibukan mengajar 40 JP tatap muka perminggu. Coba bayangkan pemirsa…

Masih dengan setengah tidak percaya pada diri sendiri yang tidak biasanya tertarik dengan pelatihan menulis, saya buka materi pelatihan semalam yang sudah tertimbun beribu-ribu chat di group whatsApp. Dan setengah heran juga, kok saya tumben sekali sesabar ini. Semoga semangat ini terus bertambah. Lebih-lebih ketika narasumber pak Dail menyampaikan bahwa, “Saya pada waktu gabung di KBMN 20,  1,5 tahun yang lalu belum punya Blog, tapi bermodal semangat ingin ikut KBMN selama 2,5 bulan atau 30 materi saya langsung japri Om Jay, pendiri KBMN, minta arahan bagaimana cara buat Blog.” Wah saya jadi semakin tertarik. Berikut ini resume KBMN 28 tadi malam yang disampaikan oleh narasumber bapak Dail Ma’ruf, M. Pd dan moderator ibu Purbaniasita, S. Pd.

Pengertian Blog

u  Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger.

u  Berger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu.

u  Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan halhal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada komunitas global

Hal istimewa dari bloger

u  Herman Yudiono

Gaji 21/bulan dan benefit lainnya.

Menjadi fulltime blogger.

Kisah inspiratifnya dapat dibaca di blognya :  hermanyudiono.com.

u  Raditya Dika

Raditya Dika buku pertamanya, Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh di tahun 2005.

Pernah meraih penghargaan Indonesian Blog Award The Online Inspiring Award di tahun 2009.

Jeni- jenis blog

 1. Blog pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

 2. Blog sastra, lebih dikenal sebagai litblog (literary blog), berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra.

 3. Blog pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.

 4. Blog bertopik, yaitu blog yang membahas sesuatu masalah/topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu, misalnya khusus kuliner, atau Wisata.

 5. Blog kesehatan, lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan, misal yang di buat ahli Medis, Hallo dok, dll.

 6. Blog politik berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye). Blog politik , ini banyak jelang 2024 dan tujuannya ya mengiklankan dirinya atau jagoannya ke Publik supaya dapat dukungan atau suara.

 7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan.

 8. Blog riset, berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru. Blog riset , biasanya dimiliki pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya.

 9. Blog hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws). Blog hukum di buat para ahli hukum, pengacara jaksa dan hakim atau polisi.

 10. Blog media, berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi. Ditujukan untuk sosialisasi aturan hukum atau advokasi. Blog media artinya Blog berita. Memberitakan apa saja yang diliput wartawannya.

11. Blog agama, membahas masalah yang berkaitan dengan agama. berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bsa juga buka rubrik tanya jawab Transformatika.

12. Blog bisnis, digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka. Jenis blog tersebut. Blog Bisnis, apapun bisnis kita maka diupoload di Blog detilnya, lalu link di kirim ke orang yang kita harapkan akan berminat . Bisa juga ke grup yang potensial banyak anggotanya.

5 manfaat blog bagi pendidikan

1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya.

2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar,  Blog akan memudahkan guru karena segalanya dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa.

3. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa Transformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 125 menyatakan “ dengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai. Kemudian para siswa bisa blogwalking ke blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan.

4. Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia. Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan murah.

5. Blog dapat menjadi media silaturahim. Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia

 

Testimoni : Doktor Wijaya Kusumah Bloger KBMN

u  Membuktikan bahwa prestasi murid mengalami peningkatan signifikan dengan media Blog Kolaboratif

u  Penerapan Media Blog dapat diterapkan dalam semua pelajaran

u  Dapat diterapkan dalam Jenjang SD hingga PT

u  Meningkatkan kemampuan menulis siswa

u  Meningkatkan kemampuan literasi siswa

Testimoni : Pemanfaatan Blog sebagi Media Pembelajaran Menurut Mayor Nani

u  Ketika mengajar, saya gunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan saya meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group.

u   Saya juga memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog.

u  Saya tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.

Demikian materi KBMN 28 semalam, dan saya selalu menyukai kalimat-kalimat sakti penyubur semangat dari pak Dail Ma’ruf.  

·       Jangan minder apalagi putus asa dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahan bantingan insya Allah akan hasil maksud bisa punya buku sebagai mahkota bagi penulisnya

·       Ingat pepatah yang mengatakan MAN JADDA WAJADA atau THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY

·       Bahwa dengan kita menjadi bloger maka impian kita untuk punya banyak buku bisa jadi nyata

Jadi Blog sama dengan medsos lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube yang bisa kita gunakan untuk hal positif dan manfaat, diantaranya bagi guru, bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif. Blog juga merupakan website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global. Masih dengan bermodal nekat, bismillah semoga saya bisa istikomah dipelatihan ini. Pelatihan kelima dari 30 pelatihan yang harus diikuti beserta kewajiban menerbitkan 1 buku solo. Sak titahe, tidak muluk-muluk karena saya pun setengah heran sampai bisa pada tahap ini. Terimakasih untuk semua tim KBMN 28.

31 komentar:

  1. Kereeenn tenann, lengkap dengan karya penulis terkenalnyaa

    BalasHapus
  2. Mari semangat blajar dan mari saling berkunjung 🙏🤗https://rizkikd23.blogspot.com/2023/01/blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    BalasHapus
  3. Semangat luar biasa dalam menulis, meskipun harus mengajar 40 jam tetapi tetap bisa lanjut menulis. Saya yang 33 jam masih merayap menulis resume. Terimakasih sudah menginspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga buu.. yang penting niat yang kuat, kata pak Dail menulis dari hati

      Hapus
  4. Balasan
    1. Siap bu,, sudah berkunjung dan meninggalkan jejak juga

      Hapus
  5. Semangattttt walau terengah2....semoga kita lulus

    BalasHapus
  6. https://masrimateriips.blogspot.com/2023/01/blog-sebagai-media-pembelajaran.html

    BalasHapus
  7. Resume yang mantap. Lengkap dan informatif luar biasa. Moga kelak bisa jadi buku solo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin,, terimakasih pak Dail sang narasumber telah berkunjung ke blog saya

      Hapus
  8. Kita sama Buu...sangat bersemangat dengan pola pemberian materi seperti ini

    BalasHapus
  9. kita bisa belajar dari blog. bun.

    BalasHapus
  10. Mantap Bu.

    Silakan berkunjung

    https://rambawani-menujucinta-nya.blogspot.com/2023/01/mari-menulis-manis.html

    BalasHapus