Kategori

Senin, 09 Januari 2023

SAYA TIDAK SUKA MENULIS

 

Resume Ke                    : 1

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Senin, 9 Januari 2023

Tema                               : Menulis Setiap Hari

Narasumber                 : Dr. Wijaya Kusumah, S. Pd M. Pd

Moderator                    : Dail Ma”ruf, M. Pd

Saya tidak suka menulis, bingung mulai dari mana, ragu, tidak pede dan takut salah. Berat sekali berpikir merangkai kata, apalagi kata baku yang harus sesuai EYD. Huft...enggak saya banget. Untuk membuat sebuah kalimat yang mengandung SPOK saja saya perlu waktu banyak untuk berpikir. Lebih baik berkutat dengan angka-angka eksak daripada merangkai sebuah kalimat apalagi paragraf.  Saya heran, sungguh heran pada orang-orang yang begitu bersemangatnya menulis dan mengajak untuk menulis. Apakah menulis semenyenangkan itu?

Entahlah, ini sebuah kebetulan atau memang  sudah takdirnya, ketika sebuah broadcase tentang pelatihan menulis masuk ke sebuah group wa tiba-tiba saja jari ini klik gabung. Seperti biasa, sebagai anggota baru disebuah komunitas saya lihat dulu postingan anggota. Dan wow begitu banyak orang yang gemar menulis, memotivasi untuk menulis dan bahkan beliau-beliau katanya tidak dibayar untuk semua itu. Apa iya menulis itu seperti apa kata motivasi mereka?

Kata Om jay sapaan Dr. Wijaya Kusumah, S. Pd., M. Pd sang narasumber pertama malam ini, Apa yang sulit dari menulis? Hal yang sulit dari menulis adalah memulai. Iya sih saya sepakat Om. Saya sudah punya blog pribadi dari tahun 2015 tetapi belum pernah posting tulisan sama sekali, dih jadi malu saya. Saya menulis ini pun karena demi memenuhi tugas resume KBMN 28. Jujur, keraguan saya untuk menulis sedikit berkurang setelah membaca tulisan Om Jay di blog beliau yang sangat menginspirasi bagi saya.  https://wijayalabs.blogspot.com/2023/01/menulislah-setiap-hari-dan-buktikan-apa.html?sc=1673268951620#c7731158086664296286 terutama pada kalimat “Menulis apa saja yang ada dipikiran saat itu”. Nah.. inilah yang sekarang sedang saya rasakan. Ohh ternyata saya baru tahu bahwa menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Dan ternyata katanya kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi. Jadi kepikiran ingin menulis diary perjalanan hidup saya.

Walaupun materi pertemuan ini belum membuat saya suka menulis, setidaknya saya merekam sekelumit materi yang diberikan yaitu :

·       Menulis adalah keahlian berbahasa yang keempat.  Yang pertama mendengar kemudian berbicara lalu membaca baru menulis.

·       Tak ada penulis yang tidak rajin membaca

·       Ketika ide muncul, lekaslah menulis tanpa edit dahulu

·       Jangan ragu dan jangan takut salah

·       Menulis apa saja yang ada dipikiran saat itu

·       Membaca ulang tulisan sebelum diposting

·       Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai

·       Jangan menulis apa yang tidak dikuasai

·       Menulislah setiap hari dengan hati

·       Menulis harus dari hati --agar sampai ke hati

          Sangat menarik materi awal pertemuan pertama ini, semoga saya bisa terinspirasi, walaupun masih ada rasa pesimis untuk bisa melewati dengan konsisten menulis resume sampai pertemuan ke 30. Bismillah… Semoga Allah SWT menyempatkan, memudahkan dan meyehatkan.

22 komentar:

  1. sama bu saya juga bingung menulis, saya usahakan seadanya....yang penting latihan nulis

    BalasHapus
  2. Setlah hari ini
    Akan suka menulis Bu.
    Karna ada keseruan dan tantangan yang berhasil kita lalui

    BalasHapus
  3. Tetap Semangat bu👍🏻kita sama-sama belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu, saya juga sudah mengunjungi blog bu Deasy, semangaatt

      Hapus
  4. Agar suka menulis.. diawali dengan membacatulisan orang lain.. dan konsisten menulis 3 paragraf dulu..
    Hehee.. begitu kan pesan Om Jay.. ?
    Semangat.

    BalasHapus
  5. subhanallah. resume yang apik--bagus dan lengkap. Semoga jadi buku
    semangat.

    BalasHapus
  6. Tidak suka menulis tapi resumenya Keren banget, Bunda...

    BalasHapus
  7. Resume dari yg tidak suka menulis malah terasa mengalir. Aku jadi malu sudah niat nulis tapi ga bisa2

    BalasHapus
  8. Ini namanya sudah menulis bu... Hebaaat.

    BalasHapus