Kategori

Rabu, 25 Januari 2023

Berawal dari Iseng Ikut Pelatihan

 Resume Ke                    : 8

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Rabu, 25 Januari 2023

Tema                                : Komitmen Menulis di Blog

Narasumber                  : Drs. Dedi Dwitagama, M. Si

Moderator                      : Sigit PN, SH


Malam ini agak berbeda dengan malam sebelumnya. Proses pembelajaran KBMN 28 yang biasanya menggunakan media wa group malam ini menggunakan media zoom meet dengan id https://telkomsel.zoom.us/j/95876525576 . ID Rapat: 958 7652 5576. Narasumber Drs. Dedi Dwitagama, M. Si mengawali dengan memberi waktu kepada peserta untuk searching tentang biodata beliau di platform yang dipunyai. Keren, banyak sekali pemberitaan tentang bapak narasumber kita malam ini. Beliau seorang penulis blog aktif dan menjadi pembicara sejak menjadi mahasiswa.


Pak Dedi dalam memberikan materinya lebih banyak menyampaikan pengalaman beliau menjadi penulis blog. Bahwa seorang penulis blog harus mempunyai komitmen tinggi untuk menulis sesering mungkin. Beliau juga memberi arahan bahwa jadilah orang yang produktif karena ketika kita produktif maka pekerjaan yang mencari kita bukan kita yang mencari pekerjaan. Ketika kita produktik maka kesuksesan yang mendatangi kita, pekerjaan yang mendatangi kita.dan kita juga menjadi lebih percaya diri.

Lebih lanjut narasumber memberikan saran bahwa taruhlah segala kenangan di media sosial, ceritakan pada semua orang di blog. Karena di blog kita bisa bebas bercerita dengan ruang yang lebih luas untuk menulis. Dokumentasikan semua kegiatan kita, hari-hari kita, agar kelak ketika kita sudah meninggal, masih ada rekam jejak yang bisa dicari oleh anak cucu kita. Jangan lewatkan setiap moment, berilah cerita sesuai sudat pandang pikiran kita.


Jika menulis disebuah platform dan ketika mereka bangkrut maka tulisan kita akan hilang. Tetapi jika memakai blog sendiri maka tidak akan hilang, selamanya akan terekam sebagai blog pribadi kita, kita yang menguasai sepenuhnya.


Agar tulisan kita tetap eksis di blog maka perlu memperhatikan tema tulisan kita. Menulislah setiap ada kesempatan. Tidak usah berpikir menarik atau tidak. Tidak apa-apa bahasa tidak sesuai kaidah EYD yang penting pembaca suka. Sering-seringlah berkunjung ke blog teman-teman dan saling menyemangati, membaca tulisan orang lain akan memperkaya pengetahuan kita.


         Demikian paparan narasumber malam hari ini yang lebih banyak menceritakan pengalaman pribadi dari pada sekedar teori. Terimakasih pak dedi, sangat menginspirasi saya. Walapun saya belum bisa menulis secara konsisten setidaknya bagi saya ini sudah merupakan prestasi besar. Karena sebelumnya saya tidak suka menulis dan belum pernah menulis di blog. Hanya iseng saja mengikuti pelatihan KBMN 28 ini. Semoga keterusan…

4 komentar: