Kategori

Senin, 27 Februari 2023

Mengenal Majalah Suara Guru

 Resume Ke                    : 22

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Senin, 27 Februari 2023

Tema                                : Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru

Narasumber                  : Catur Nurrochman Oktavian, M. Pd

Moderator                      : Sim Chung Wei. S.P


Assalamu'alaikum  Wr.Wb selamat berjumpa kembali pembaca setia di blog sederhana saya ini, semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Senang bisa berbagi kembali hasil resume KBMN PGRI gelombang 28 hari ini, yang berlangsung via zoom meet dengan link https://telkomsel.zoom.us/j/93550325728 Meeting ID: 935 5032 5728. Dengan narasumber bapak Catur Nurrochman Oktavian, M. Pd dan moderator  bapak Sim Chung Wei. S.P.

Tema malam ini membahas tentang “Mengirim Tulisan Ke Majalah Suara Guru”. Majalah Suara Guru adalah majalah yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Majalah ini rutin terbit sejak tahun 1950-an hingga kini. Kantor redaksi ada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat.

Majalah suara guru terbit dwi bulanan memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan risalah hasil kongres PGRI. Majalah Suara Guru memiliki berbagai macam rubrik. Selain Suara Utama, Opini, Organisasi, Edutainment, Oase, Percik, Inspiratif, Sekolah, Bahasa, Sastra, dan Destinasi.

Tulisan yang akan dimuat bertema pendidikan dengan kriteria diantaranya adalah:

1.      Naskah harus asli tulisan sendiri tidak boleh plagiat.

Tim redaksi memiliki trik dan sistem khusus untuk bisa mendeteksi dari setiap naskah yang masuk.

2.      Tidak boleh sara dan menyerang orang lain.

Setiap naskah yang masuk akan melewati tahap editing sebelum dicetak.

3.      Tulisan atau opini harus bertema pendidikan dan aktual.

Untuk menampung tulisan guru yang ingin memberikan pengalaman penerapan metode pembelajaran maka ditulis dirubrik praktik baik dengan model deskriptif dan bahasa yang  komunikatif.

4.      Dituliskan dengan bahasa yang populer, ringan, mudah dipahami, komunikatif, lugas. Paling banyak 700 kata (1,5 lembar A4, TNR spasi 1,5 )

5.      Cara mengirim : akses majalah suara guru online, yang dapat di akses pada laman berikut  http://suaraguruonline.com

6.      Cara beli majalah suara guru hubungi Bu Widya 0878-8228-9299 harga 25 K tiap eksemplar. Jika lebih dari 100 eksemplar maka bisa free ongkir untuk wilayah pulau jawa. Jika ingin mendapatkan majalah suara guru edisi lama juga bisa, dengan cara  mencari di market place.

Tulisan yang akan dimuat adalah tulisan telah memenuhi persyaratan yang disebutkan diatas. Dan untuk mengetahui tulisan kita dimuat atau tidak maka perlu berlangganan majalah suara guru karena tidak ada pemberitahuan khusus saat tulisan kita ditayangkan. Hal ini disebabkan terbatasnya SDM dari tim redaktur yang hanya ditangani oleh enam orang.

Berita di majalah suara guru juga sangat up to date dengan wacana kekinian khususnya tentang pendidikan. Majalah suara guru selalu mengikuti moment nasional jadi ketika tulisan kita ingin dimuat maka perlu menulis dengan tema yang pas sesuai moment. Dan mengirimkan sebelum moment tersebut. Misalnya menulis tentang hari pendidikan maka dikirim jauh sebelum hari pendidikan nasional.

Tulisan yang dimuat juga bisa untuk naik pangkat dengan kredit poit 2. Untuk masalah honor penulisan, sebaiknya tidak dipikirkan dulu, yang terpenting kita bisa berkarya menorehkan tinta untuk saksi sejarah kehidupan kita.


Demikian resume malam ini. Semoga bermanfaat.



14 komentar: