Kategori

Jumat, 17 Februari 2023

Buku Digital, Apa itu ?

 Resume Ke                    : 16

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Senin, 13 Februari 2023

Tema                                : Buku Cerita Digital

Narasumber                  : Nur Dwi yanti, S. Pd

Moderator                      : Dail Ma’ruf, M. Pd


Kali ini saya tidak bisa tepat waktu untuk publis resume ini karena ada tugas sekolah untuk mendampingi siswa ziarah dan wisata ke pulau Bali. Ingin rasanya berbagi pengalaman lewat tulisan tetapi apa daya, alasan capek membuat saya masih sebatas angan-angan untuk membuat tulisan laporan perjalanan kali ini. Dengan terengah-engah saya coba mengejar ketertinggalan materi pelatihan ini.

Pertemuan ke-16 memakai media zoom metting yang pada saat itu saya ada di bis perjalanan menuju hotel di kota Denpasar. Kondisi saat itu tidak memungkinkan saya mengikuti zoom metting secara live sehingga saya bisa melihat materi yang tertinggal di Link youtube https://www.youtube.com/live/GkzwCO_k3wI?feature=share

Materi malam ini bertema Buku Cerita Digital dengan narasumber ibu Nur Dwi yanti, S. Pd dan moderator bapak Dail Ma’ruf, M. Pd. Sekarang ini konsep masyarakat  berpusat dan berbasis pada teknologi. Kecakapan berteknologi digital memegang peran utama di segala bidang, pun dalam  literasi. Salah satunya adalah pergeseran paper ke digital. Membaca buku yang biasanya hanya dapat disimak melalui media kertas, sekarang melalui pergeseran menjadi digital. Sebagai guru, kita harus belajar tentang teknologi digital termasuk untuk membuat buku digital.

Berdasarkan sumber dari link youtube tersebut, buku digital adalah salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca menggunakan perangkat digital, baik itu smartphone maupun komputer atau laptop. Meskipun berbentuk elektronik namun tampilannya bisa sama persis dengan buku yang dicetak pada umumnya.

Fungsi buku digital sebagai salah satu alternatif media belajar,  sebagai media informasi dan bisa juga untuk media mengungkapkan ide baru. Buku digital dianggap lebih efisien karena mudah dibagikan dan relatif lebih murah karena tanpa ada biaya cetak. Bisa dengan mudah dikirim lewat media sosial seperti whatsapp atau email.

Keunggulan buku digital bisa disimpulkan :

·       Lebih praktis

·       Lebih efisien

·       Dapat diakses dimana saja

·       Dapat disimpan file ebook dalam soft memory

·       Ramah lingkungan

·       Ekonomis

Kekurangan buku digital bisa disimpulkan :

·       Membutuhkan perangkat

·       Bisa berdampak pada kesehatan mata

·       Membutuhkan listrik

·       Rawan pembajakan

Demikian resume saya kali ini, semoga bermanfaat.  



2 komentar: