Kategori

Senin, 27 Februari 2023

BERPRESTASI DENGAN MENULIS

Resume Ke                    : 21

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Jumat, 14 Februari 2023

Tema                                : Melejitkan prestasi dengan menulis

Narasumber                  : Rita Wati, S. Kom

Moderator                      : Helwiyah, S. Pd. M. M


Malam ini kita akan berbincang seputar menulis dan prestasi. Tulis dan rangkailah kata demi kata, kalimat demi kalimat hingga membentuk suatu kisah  panjang yang disebut suatu karya. Mulailah menulis dengan perlahan-lahan dan yakinlah karyamu akan berhasil. Demikian kata motivasi yang selalu terngiang, entah dari siapa saya lupa, yang pasti setiap membaca kalimat tersebut, selalu timbul kembali semangat untuk menulis. Pertemuan ke -21 ini seharusnya oleh Pak Joko, namun karena beliau berhalangan  akhirnya bertukar jadwal dengan  narasumber kita malam ini seorang ibu muda yang  cantik, cerdas, berprestasi tingkat nasional segudang karya dan aktifitas. Beliau adalah ibu Rita Wati yang karyanya bisa dilihat di link  https://www.cikgurita.com/2022/06/about-me.html?m=1

Prestasi merupakan satu kata yang diharapkan diraih oleh semua orang. Passion dan minat bakat tiap manusia berbeda, semua bisa dikembangkan dengan banyak berlatih, doa  usaha, dan kerja keras. Narasumber menceritakan segudang prestasinya untuk meningkatkan motivasi para peserta agar terus menulis. Ibu Rita juga merupakan alumni KBMN gelombang 10 yang sebelumnya juga menjadi peserta biasa.

Tema ini sengaja diangkat untuk menyemangati para peserta yang ternyata dalam dunia literasi itu bisa membuahkan prestasi yang diluar ekspetasi. Sejak dua tahun belakangan ini Bu Rita mencoba mengikuti lomba blog dan alhamdulillah membuahkan hasil seperti yang tertera di profil. Selanjutnya bu Rita mulai mencoba untuk mengikuti beberapa pendaftaran internasional. Pada saat penutupan acara Bu Rita mendapat kesempatan untuk mewakili Indonesia untuk mempresentasikan proyek yang telah diikuti selam 20 hari. Kegiatan Bu Rita di update melalui youtube  https://www.youtube.com/watch?v=gPL8PasXB_I&t=66s




Sejak lima bulan lalu Bu Rita disibukkan dengan kuliah magister dan mendapakan kesempatan belajar di CS50 Harvard University. Semenjak menulis Bu Rita mendapatkan kesempatan untuk berbagai sharing pengalaam terutama dalam hal menulis, blog dan guru inspiratif serta tutorial. 

Cara Bu Rita membagi waktu jika dulu sebelum kesibukkan padat sewaktu menjadi siswa KBM, setiap saat Bu Rita mengusahakan saat ada ide selalu untuk menulis. Tapi pada saat kegiatan sudah padat Bu Rita tulis menulis dulu pelan-pelan ide-ide utama terutama ketia Bu Rita megikuti lomba tulisan itu Bu Rita tulis perlahan-lahan. Kebetulan semangat Bu Rita membara pada tahun 2021 jadi buku Bu Rita hampir 90% terbit di tahun itu dan 1 di tahun 2020 sehinga ketika Bu Rita flashback itulah yang membuat Bu Rita terpilih menjadi salah satu guru inspiratif jenjang SMP. Jadi harus berani mencoba mengikuti lomba terutama ketika lomba itu sesuai dengan passiion kita. Cara fokus menulis harus rajin research tentang tema yang dilombakan.

Demikian resume saya, semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar