Resume Ke : 20
Gelombang
: 28
Hari tanggal : Rabu, 22 Februari 2023
Tema
: Pemasaran Buku
Narasumber
: Agus Subardana, S.E., M.M
“Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan
membahagiakan dirimu di akhirat kelak"
( Ali bin Abu Thalib )
Assalamu'alaikum
Wr.Wb selamat berjumpa kembali sahabat nusantara di blog sederhana ini,
semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Senang bisa berbagi kembali hasil
resume KBMN PGRI gelombang 28 hari ini
dengan tema Pemasaran Buku bersama narasumber hebat, bapak Agus Subardana, S.E., M.M beliau adalah seorang direktur dan marketing
penerbit ANDI. Kemudian moderator malam ini adalah ibu Purbaniasita KS, S. Pd,
salah saatu tim Omjay. Kali ini writing’s block sangat mendera, butuh ekstra
perjuangan untuk menyusun resume yang masih berbentuk konsep menjadi sebuah
tulisan yang layak dipublis.
Tim
Omjay tak henti menyemangati agar peserta membuahkan suatu karya berbentuk buku
solo maupun buku antologi. Seperti yang kita
ketahui bersama buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. Hasil
tulisan kita tentu saja ingin bermuara menjadi sebuah buku. Dan kali ini kita
akan belajar bagaimana cara memasarkan
buku yang sudah di cetak, sebuah judul materi yang menggelitik dan layak kita
simak dan kuasai.
Tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan
pada para pembaca. Secara otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh
masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada
strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar
dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi
proses pembelajaran serta sarana
penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan
pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Dalam
rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi
khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud
dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan
pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat
terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya
tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka
kita perlu strategi pemasaran. Srategi
Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang
menjalankan bisnis. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh
banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis –
jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut
dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset
menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku
( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku
Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis – jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan
pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada
umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa
kegiatan bisnis . Sehingga strategi
pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu
perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini penerbit Andi dalam menjalankan bisnis penerbitan buku yang
sedang terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu faktor mikro dan makro.
Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk industri penerbitan
buku, dengan usianya sudah mencapai 43 tahun dan telah menerbitkan buku lebih
dari 20.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi pemasaran buku oleh penerbit Andi dipetakan menjadi dua
strategi pemasaran yaitu strategi pemasaran buku serangan udara dan strategi
pemasaran buku serangan darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor
makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara
singkat sebagai berikut :
A.
Strategi Pemasaran
Buku Serangan Udara. (On Line )
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda
dunia , mau gak mau kita dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan
era digital seperti sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak
mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha
tidak sebaik dulu. Ketika kita ingat
di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana mana, sekarang cara mengiklan
ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa
bisa lebih mudah? Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang
signifikan bagi kehidupan kita. Penerbit ANDI saat ini penggarapan pasar dengan
bisnis On Line mungkin sudah
tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Digital marketing merupakan
teknik pemasaran terkini, yaitu sebuah teknik memasarkan produk atau jasa
dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang kita
terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :
a.
Content marketing
adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan
pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk
menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan
content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.
b.
Search Engine
Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk
mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian
membeli produk yang kita tawarkan.
c.
Search Engine
Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari,
Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan
meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang
dikenal dengan istilah SERP.
d.
Social media marketing
memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu
brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media
sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kadang - kadang supaya
lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan
oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana
promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya
anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan
media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
e.
Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan
media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
f.
Instant messaging
marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan
pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di
mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat,
dan platform messenger lainnya.
g.
Influencer Marketing .
Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya.
Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau
ditawarkan oleh seorang influencer.
h.
Video marketing untuk
melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi
salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
i.
Penerbit Andi Offset mempunyai
Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui
channel Youtube juga dinilai sangat
efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android .
Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live
streaming. Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive
untuk terus promosi , supaya kita dapat :
- Menyebarkan informasi produk
secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan konsumen baru dan
mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan
saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikkan penjualan dan profit
- Membandingkan dan keunggulan
produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk citra produk dibenak
mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah tingkah laku , persepsi
dan pendapat konsumen
B.
Pemasaran Buku Lewat
Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing –
masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka
gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku .
Penjualan lewat komunitas akan lebih
efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan
buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi
dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Contoh :
Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll
C.
Strategi pemasaran
buku serangan darat (OF LINE ).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara
ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan
membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit
Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan
tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini
kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1.
Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi
sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok
Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku
maka kita perlu pemetaan jenis toko
buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern,
Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional. Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku
tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem
administrasi dan tempat yang berbeda. Contoh toko buku modern yaitu Gramedia
Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini
mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat
dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi
modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan
per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih
manual .Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur
distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi,
kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
·
Menguasai display buku
, supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
·
Mengadakan promosi di
internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
·
Mengadakan Bedah Buku
, Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
·
Mengadakan event
tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
·
Dan masih banyak lagi
program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita
proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2.
Direct Selling /
Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan .
Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
·
Buku Pendidikan (Buku
mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
·
Buku Teks Perguruan
Tinggi untuk semua mata kualiah
·
Buku Referensi untuk
jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
·
Dengan pemetaan jenis
katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target
sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
·
Kunjungan langsung ke
tiap sekolah
·
Kunjungan langsung ke
setiap kampus
·
Kunjungan langsung ke
setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
·
Dengan kunjungan
langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang
baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga
dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
3.
Melakukan Event –
Event
Aktive dalam melakukan event – event
seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan
sebagainya.
Demikian materi strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih
banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar