Kategori

Jumat, 17 Maret 2023

CARA MEMAKSA SISWA MENULIS BLOG

 Resume Ke                    : 29

Gelombang                    : 28

Hari tanggal                  : Rabu, 15 Maret 2023

Tema                                : Blog Sebagai Media Dokumentasi Refleksi Diri Siswa

Narasumber                  : Bambang Purwanto, S. Kom., Gr

Moderator                      : Gina Dwi Septiani, S. Pd., M. Pd

Beberapa tahun terakhir penugasan dengan metode online mulai banyak digalakkan oleh berbagai sekolah. Cara tersebut dianggap dapat menjadi alternatif untuk proses belajar yang lebih fleksibel dan praktis serta disukai oleh generasi pelajar saat ini. Salah satu media yang bisa digunakan adalah dengan menulis blog. Blog bisa sebagai tempat untuk menyimpan tulisan-tulisan yang dibuat dan ditugaskan kepada siswa. Materi dengan tema blog sebagai media dokumentasi dan refleksi diri siswa dijelaskan oleh narasumber Bambang Purwanto, S. Kom., Gr. B Berikut ini link profil narasumber malam ini. https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto

Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, video, dan foto yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu. Misalnya lifestyle, finance, kesehatan, teknologi, kuliner, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri, banyak blogger yang telah sukses di dunia blog.

Kelebihan menulis di blog atau web adalah :

1. Menunjukkan identitas digital (nasionalisme) dengan DOT ID (Indonesia)

2. Menunjukkan sebagai guru yang beradaptasi dengan era digital

3. Dibiayai oleh sertifikasi, sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada negara bahwa dana digunakan untuk mendukung kegiatan penujang guru.

4. Tempat menyimpan atau menyalurkan hobi menulis apa pun

Blog juga bisa dijadikan sebagai alat refleksi diri atas pembelajaran yang berlangsung. Dengan cara sesaat sebelum pembelajaran berakhir, siswa diberi kesempatan mereview pembelajaran hari itu dengan menulis diblog. Guru bisa menyampaikan penjelasan tata cara atau aturan misalnya tuliskan dalam bentuk paragrap. Siswa diharap menjelaskan apa yang dipelajari hari ini.  Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi siswa. Bagaimana perasaan siswa saat belajar bersama guru. Adakah masukan untuk  guru saat pembelajaran hari ini, kalau ada jelaskan. Siswa diharapkan menjelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Demikian kira-kira penjelasan yang harus disampaikan ke siswa.

Jika kita membaca tulisan siswa tersebut ada beberapa hal yang bisa kita ketahui dari hasil tulisan itu, yakni :

1. Materi yang dipejari

2. Aktivitas yang dilakukan apa saja

3. Persaan yang dirasakan oleh murid

4. Karater yang spiritual untuk mengingat Tuhan YME

Hal yang tanpa disadari oleh siswa adalah mereka sedang dilatih menulis, mempraktikan kemampuan penguasaan materi Bahasa Indonesia. Dan yang sangat indah adalah untaian doa dari siswa kita. Ajarkan mereka untuk diberikan kesempatan menuliskan apa yang mereka rasakan dan harapkan. Sebagai guru pembelajar sepanjang hayat tentunya harus berani memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Contoh tulisan refleksi siswa bisa dilihat di google di cari dengan kunci Refleksi Diri Mr. Bams.

Demikian resume kali ini, semoga bermanfaat.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar